26 Maret 2010

Curug Cijalu, Keindahan yang Tersembunyi

Curug (air terjun) merupakan salah satu objek keindahan alam yang disukai orang untuk dijadikan tempat rekreasi. Indonesia, karena letak geografisnya, merupakan wilayah yang kaya dengan objek wisata air terjun. Sebagian sudah dikelola dengan baik sehingga menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi, tetapi sebagian besar lainnya masih belum dikelola dengan baik.

Di Kabupaten Subang, ada sebuah objek wista air terjun yang cukup terkenal, yaitu Curug Cijalu. Curug ini terletak di Desa Cipancar, Sagalaherang Kab. Subang. Lokasinya memang jauh dari pusat kota Subang karena berada di belakang pegunungan Tangkuban Perahu. Air terjun ini berasal dari mata air Situ Lembang, dengan jarak tempuh selama tujuh jam berjalan kaki (dari sumber mata air ke air terjunnya).


Sebelum sampai di wilayah curug, kita akan disuguhi pemandangan hutan, perkebunan, pesawahan, dan perkebunan teh yang nyaman untuk dipandang. Walaupun kondisi jalan kurang bagus, akan tetapi indahnya pemandangan akan membuat kita tetap terhibur.



Suasana tenang dan asri langsung terasa ketika kita memasuki kawasan Curug Cijalu. Rasa lelah setelah perjalanan mendadak hilang ditelan keheningan alam yang memukau. Di awal gerbang masuk terdapat lapang rumput yang di sisinya terdapat pohon-pohon pinus. Di bagian barat ada warung-warung yang menyediakan makanan, minuman, snack, kopi, gorengan, dan sebagainya. Jadi tidak perlu khawatir kita akan kelaparan di sana.

-deni-

3 komentar:

tsoury mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pak deni mengatakan...

Kan dah "basi" acaranya... :)
Dulu antum gak ikut emangnya? Udah pelupa nihhh...

tsoury mengatakan...

oiya yah, tapi koq ga ada poto ana ya..
tapi jangan dipajang deh, bisi banyak yang komen..